Sabtu, 03 Januari 2015

Anestesia

sehubungan ane lagi di stase anestesia dan terapi intensif, ane mau ngepost tentang seluk beluk anestesia ya gan.
Kata ANESTESIA diperkenalkan oleh Oliver Wendell Holmes yang menggambarkan keadaan tidak sadar yang bersifat sementara, karena pemberian obat yang bertujuan untuk menghilangkan nyeri akibat pembedahan. Analgesia adalah pemberian obat unruk menghilangkan nyeri tanpa menghilangkan kesadaran pasien.
Anestesiologi ialah ilmu kedokteran yang pada awalnya berprofesi menghilangkan nyeri dan rumatan pasien sebelum, selama, dan sesudah pembedahan. Defenisi Anestesiologi berkembang terus sesuai dengan perkembangan ilmu kedokteran. Defenisi yang ditegakkan oleh The American Board of Anesthesiology pada tahun 1989 ialah mencakup semua kegiatan profesi atau praktek yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
  1. Menilai, merancang, dan menyiapkan pasien untuk anestesia
  2. membantu pasien menghilangkan nyeri pada saat pembedahan, persalinan atau pada saat dilakukan tindakan diagnostik-terapeutik.
  3. memantau dan memperbaiki homeostasis pasien perioperatif dan pada saat pasien dalam keadaan kritis.
  4. mendiagnosis dan mengobati sindroma nyeriga
  5. mengelolah dan mengajarkan Resusitasi Jantung Paru (RJP)
  6. Membuat evaluasi fungsi pernapasan dan mengobati gangguan pernapasan 
  7. mengajarkan, memberi supervisi dan mengadakan evaluasi tentang penampilan personel paramedik dalam bidang anestesia, perawatan pernapasan dan perawatan paseian dalam keadaan kritis
  8. mengadakan penelitian tentang ilmu dasar dan ilmu klinik untuk menjelaskan dan memperbaiki perawatan pasien tentang fungsi fisiologis dan respon terhadap obat
  9. melibatkan diri dalam administrasi rumah sakit, pendidikan kedokteran dan fasilitas rawat jalan yang diperlukan untuk implementasi pertanggungjawaban.
Dalam anestesiologi juga dikenal trias anestesia yaitu  :
  1.   Analgesia ( Hilangnya nyeri )
  2.   Hipnotik ( Hilang kesadaran )
  3.   Relaksasi otot ( Muscle Relaxan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar